Rabu, 25 September 2013

PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

A. KOMPUTER
     Komputer merupakan syarat mutlak untuk mengakses Internet. Secara umum, hardware komputer yang diperlukan dalam mengakses Internet hampir sama dengan komputer biasa. spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksinya melalui ISP sangant menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja komputer dalam mengakses Internet.

B. MODEM
    Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator.Modem adalah alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya. Modem digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain.

C. KABEL UTP
    Kabel UTP digunakan sebagai penghubung antar komputer, antara komputer dengan switch atau router, dan perangkat jaringan lainnya.

D. KONEKTOR RJ45
    Konektor RJ45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP.

E. KABEL KOAKSIAL
   Digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan menggangu sinyal aslinya.

F. Wireless Adapter
   Digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Adapter ini bisanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika.

G. Switch
    Digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu.

H. Router
   digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus.

I. Ethernet Card (LAN Card)
   Digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang terkoneksi. Erthernet Card yang disebut juga dengan Network Inteface Card (NIC) dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar